informasi hp android

Informasi HP,menyajikan tips dan trik, review handphone terkini dan aplikasi seputar hp android dan iphone

cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data

Cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data | Dalam kasus kali ini penggunaan smartphone merupakan penggunaan yang di bilang primer karena setiap apa yang di lakukan dan dalam mengakses sumber informasi, melakukan jual beli rata-rata orang menggunakan smartphone. Bagaimana dengan indentitas diri kita yang juga berada pada smartphone ?. Untuk dapat menjaga kerahasiaan atau cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data diri kita, perlu sekali kita melakukan hal-hal tindakan yang dapat mendukung hal tersebut.

Dengan melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data adalah hal wajib yang harus anda lakukan dalam aktifitas keseharian dengan smartphone

Apa saja yang harus di lakukan untuk melindungi smartphone kita agar aman dan terlindung dari malware atau si penyusup pencuri data. Berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan :
  • Penggunaan Pasword pada smartphone
Dalam hal ini penggunaan password merupakan hal mendasar yang harus anda lakukan, karena saat anda melakukan aktifitas atau menyimpan data pribadi lakukanlah proteksi menggunakan password caranya adalah anda dapat menuju ke menu -->Setting di setiap smartphone memiliki menu penggunaan paword yang berbeda tergantung tipe handphone, berikanlah sandi yang berupa Kunci angka dan juga Pola gambar.
  •   Pemasangan anti virus
Dengan anda menginstall aplikasi anti virus di smartphone hal ini dapat menjaga smartphone anda dari maling si pencuri data anda, aplikasi anti virus tersebut anda dapat menginstall 360 Security Cleaner. Dengan aplikasi ini smartphone anda sudah terlindungi. Keuntungannya anda dapat menerima SMS jika sim card anda di ganti pihak lain tentunya ke nomer yang sudah anda setting sebelumnya, kondisi jika simcard di ganti tapi terkoneksi internet hal ini pun sms akan terkirim. baiklah silahkan anda ikuti cara-cara melindungi smatphone anda di atas. untuk mengetahui apa saja anti virus anda dapat merujuk ke anti virus android terbaik
  • Mematikan peta pada smartphone
Dalam hal ini jika anda membagikan foto di jejaring sosial atau anda menggunakan aplikasi foto perlu di ketahui saat anda berbagi foto dan smartphone anda geo-tag foto dengan lokasi anda menggunakan gps, nah kebiasaan anda melakukan share foto ke jejaring sosial alangkah baiknya untuk tidak mempublikasikan kondisi lokasi anda, Karena facebook atau twitter secara otomatis menambahkan lokasi anda saat anda melakukan posting foto. Maka dari itu lakukan pengaturan dari setiap layanan dari masing-masingnya di halaman akun anda.
  • Menyalin data pribadi
Lakukanlah penyalinan data pribadi anda setiap satu bulan sekali atau satu minggu sekali, karena hal ini untuk menghindari jika smartphone anda hilang data anda tetap ada pada anda. Jika anda ingin mengganti smartphone anda yang baru anda cukup menghapus semua data anda yang ada di smartphone tersebut.
  • Mencatat indentitas smartphone
Dalam mencatat indentitas smartphone rata-rata orang telah mengabaikan ini, mungkin kurangnya pengetahuan dan keuntungannya. apa saja keuntungannya ? keuntungannya saat smartphone anda hilang akan mudah untuk di lacak secara online. data apa saja yang di catat ? Kode IMEI, MEID, dan ESN. Jika kemungkinan berurusan dengan kepolisian, data tersebut sangat membantu sebagai bukti otentik.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data. Namun di samping itu semua alangkah bijaknya anda juga harus lebih berhati-hati dalam hal aktifitas yang di lakukan pada smartphone apalagi jual beli,

Tips lainnya : Jika berada di jaringan Wi-Fi, pakailah Virtual Private Network atau VPN. Banyak  aplikasi VPN yang tersedia untuk smartphone dari yang gratis untuk menetapkan jumlah bandwidth untuk setup pay-per-use